Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Arsip Berita

Selaku Mediator, Ketua Pengadilan Agama Marisa Berhasil Mendamaikan Perkara Cerai Gugat

 

WhatsApp Image 2022 11 17 at 11.01.37

Marisa 16 November 2022, Bertempat di Ruang Mediasi Pengadilan Agama Marisa, Hakim Mediator, Bapak Wahab Ahmad, S.H.I.,S.H.,M.H. sekaligus sebagai Ketua Pengadilan Agama Marisa telah berhasil mendamaikan para pihak berperkara dalam perkara cerai gugat di Pengadilan Agama Marisa melalui proses mediasi.

Bapak Wahab Ahmad, S.H.I.,S.H.,M.H. selaku Mediator berupaya mendamaikan para pihak untuk menyelesaikan perkara secara kekeluargaan. Pada perkara cerai gugat ini, kedua belah pihak yang semula bertikai sepakat untuk rukun kembali dan mempertahankan rumah tangga setelah mendapat pemahaman dari mediator terkait bagaimana idealnya membangun rumah tangga yang baik, serta langkah-langkah apa yang harus ditempuh dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan dalam rumah tangga.

Dalam upaya mendamaikan kedua belah pihak, mediator juga memberikan penjelasan terkait dampak negative terhadap pertumbuhan dan perkembangan psikologis serta masa depan anak-anak para pihak, atas usaha keras mediator tersebut para pihak mendapatkan pemahaman yang utuh terkait dampak negative perceraian terhadap anak-anak meraka dan dengan penuh kesadaran kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan mencabut perkaranya.

WhatsApp Image 2022 11 17 at 11.34.31

Berdasarkan PERMA Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, Mediasi adalah cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan Para Pihak dengan dibantu oleh Mediator.

Adapun perdamaian tersebut dituangkan dalam sebuah kesepakatan perdamaian yang didalamnya berisi hal-hal yang disepakati oleh kedua belah pihak dan ditandatangani sebagai bukti kesepakatan.

Ketua Pengadilan Agama Marisa dalam harapannya menyampaikan “semoga semakin banyak para pencari keadilan yang bisa menyelesaikan perkaranya melalui jalur mediasi dan tidak hanya melalui ketukan palu dalam persidangan, untuk itu Para Mediator Pengadilan Agama Marisa selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mendamaikan para pihak yang berperkara melalui jalur mediasi”.

Math 101  Friday 11.7.20 2pm 9pm

Wahab Ahmad S.H.I.S.H.M.H Ketua Pengadilan Agama Marisa