Seputar Peradilan

Jum’at. 25 September 2020, Kegiatan Bimbingan teknis Kepaniteraan dan Kesekretarian Se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo Resmi Di tutup.

 

Sebelumnya, Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 23 september 2020 bertempat di Hotel Magna Gorontalo yang diikuti oleh Para Panitera, Sekretaris, Kasubbag, Panitera Muda dan Jurusita dari seluruh Pengadilan Agama Se Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo,

WhatsApp Image 2020 09 23 at 21.12.52   WhatsApp Image 2020 09 25 at 15.17.59

Pada Pembukaan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo mengajak kepada seluruh peserta untuk serius mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat dan diaplikasikan pada satuan kerja masing- masing.

 WhatsApp Image 2020 09 24 at 08.26.43    WhatsApp Image 2020 09 24 at 10.25.58

Acara yang berlangsung tiga hari tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok teknis kepaniteraan dan teknis kesekretariatan, setiap bidang mendapatkan pengajaran sesuai kompetensinya. Yang menarik lagi, selain Narasumber berasal dari Internal PTA Gorontalo, Juga dari Ekstenal, Seperti, Narasumber dari KPKNL Gorontalo ditambah juga dengan memanfaatkan teknologi Informasi Melalui Aplikasi Zoom Meeting sehingga bisa menghadirkan Narasumber dari Pusat yaitu Biro Keuangan dan Biro Perencanaandan Organisaisi Mahkamah Agung.

Pada Bimtek Kepantiteraan disajikan beberapa materi yaitu: E litigasi dan E Court disajikan secara virtual oleh Kamaruddin, S.Kom, Kapita selekta sita dan eksekusi dan Penyelesaian Permasalahan Eksekusi disajikan oleh Dr. H. Yusuf Buchari, SH. MSI. (wakil ketua PTA. Gorontalo), Sita Atas Tanah Dan Permasalahannya dan Eksekuri Riil dengan pembayaaran sejumlah uang disajika secara virtual oleh Dr. Khoirul Anwar, S.Sg., MH. Prosedur Dan Tata Cara Lelang di sajikan secara langsung oleh Dr. Hj. Harijah, D., MH (hakim Tinggi PTA. Gorontalo) dan terakhir Permasalah Sita Dan Penyelesaian nya disajikan secara langsung oleh H. Yusuf Efendi, SH. (hakim Tinggi PTA Gorontalo).


bimtek sita eksekusi    bimtek 2

Untuk Bimtek Kesekretariatan pun demikian, hal-hal yang berkaitan dengan penguatan akuntabilitas, Penatausahaan BMN disajikan oleh narasumber dari KPKNL Gorontalo, Kebijakan Standar Biaya Masukan dan Pencapaian Kinerja Pegawai disajikan Oleh Biro Perencanaan dan Organisasi Mahakamh Agung RI (Secara Virtual), Pelaksanaan Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan negara dan Revisi DIPA oleh Biru Keuangan Mahkamah Agung RI (Secara Virtual) dan Disiplin Pegawai Oleh Kabag Perencanaan dan Kepegawaian (Rahmanto Bilondatu, S.H.) dan Pelaporan BMN oleh Bpk. Abdul Adjis Junus Ismail, S.H., M.H. (Kabag Umum & keuangan PTA Gorontalo)

    WhatsApp Image 2020 09 24 at 17.24.11 

 

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berharap kegiatan seperti ini bisa di lakukan pada tahun-tahun mendatang. (Humas)

Math 101  Friday 11.7.20 2pm 9pm